Sunday, November 8, 2009

Prioritas Utama

Ada kalanya dalam suatu episode kehidupan, kita harus memfokuskan diri pada satu hal terpenting dalam aktivitas kita. Dan untuk sementara waktu meninggalkan kegiatan lain yang penting juga tetapi tidak menjadi prioritas utama. Dikatakan sementara waktu, karena dalam jangka waktu tertentu kita memiliki deadline untuk menyelesaikan satu tugas terpenting di dalam kehidupan kita, yang tidak dapat dicampuradukkan dengan kegiatan lain karena tidak cukup waktu, tenaga dan pikiran untuk sama-sama menyelesaikannya. Walaupun dalam pikiran kita banyak yang dapat kita kerjakan, namun pada kenyataannya waktu begitu sempit sehingga kita harus memilih. Tujuannya adalah agar target terpenting itu dapat terselesaikan dengan baik dan sukses. Jika target itu sudah tercapai maka kita kembali membuka diri pada aktivitas-aktivitas penting lainnya.

Seperti yang telah disampaikan oleh dosenku dalam perkuliahan, bahwa kita harus tahu diri, tahu waktu, dan tahu tempat agar kehidupan kita dapat menggapai kesuksesan. Tahu diri artinya mengetahui siapa saya, apa posisi dan kewajiban pokok saya? Tahu waktu artinya kita mengetahui kapan waktu kita bekerja, kapan waktu kita bersantai, kapan waktu kita beristirahat, kapan waktu kita beribadah, dll. Tahu tempat adalah kita dapat menyesuaikan tingkah laku kita dimanapun berada. Bagaimana sikap kita seharusnya saat di kantor, saat di rumah, saat di masyarakat, saat di perkuliahan, dll. Dengan demikian akan seimbanglah kehidupan kita.

Ketidaksuksesan biasanya akan terjadi manakala kita tidak tahu diri, tidak tahu waktu dan tidak tahu tempat. Sehingga kita tidak memiliki prioritas terpenting yang harus dikerjakan. Kegiatan apapun diikuti, ada tawaran ini dan itu semua diterima. Sehingga kita akan kelihatan sibuk sekali tetapi pada hal-hal yang tidak menjadi tujuan hidup. Akhirnya sibuk hanya tinggal sibuk saja, tanpa ada hasil yang mengarah pada fokus utama kita. Jadilah energi kita terkuras habis dan tersebar tetapi tidak menghasilkan apapun.


3 comments:

  1. Setuju mas..
    tanpa memiliki prioritas akan membuat kita bingung dan tidak fokus, sehingga apa yang kita kerjakan jadi tidak maksimal..

    ReplyDelete
  2. Memang tanpa target dan tujaun yg jelas sering kita hanya beraktifitas tanpa produktifitas..Mksh inspirasinya Bos..

    ReplyDelete