Sunday, July 17, 2011

Tetap Berbuat

Postingan kali ini sebenarnya masih melanjutkan postingan sebelumnya yang berjudul "Membuat Daftar Aktivitas." Dah jam 11 malam nih, orang-orang di rumah dah pada molor, tapi nulis dulu bentar, karena seharian ini baru saat ini ketemu waktunya buat nulis, hehe. Harus setor nih buat melengkapi checklist daftar aktivitas...apply..apply...

Kali ini saya akan berbagi perasaan saya ketika saya beraktivitas. Ketika kita beraktivitas atau melakukan suatu kegiatan tertentu, pastilah ada energi di dalam diri yang membuat kita mau melakukan aktivitas tsb. Atau secara sederhana kita menyebutnya sebagai motivasi, semangat, kesenangan, kegembiraan, kesukaan. Sehingga ketika keadaan motivasi/mood kita sedang tinggi, pasti dengan suka cita dan ringan kita melakukan suatu aktivitas. Tetapi bagaimana jika motivasi/mood kita sedang rendah? Bagaimana jika pikiran kita tiba-tiba diserang oleh hal-hal yang negatif, seperti malas, perasaan lemah, tidak berguna melakukan itu, itu hal sepele, buang-buang waktu saja, tidak akan menjadi apa-apa, percuma, dan sejuta pikiran negarif lainnya. Saya yakin bahwa setiap diri kita pasti pernah merasakan itu, bahkan mungkin sering.

Nah, pada postingan pertama kita telah belajar dan membuat "Daftar Aktivitas." Lalu ketika dalam perjalanan aktivitas kita tiba-tiba diserang perasaan dan pikiran-pikiran negatif tadi, apa yang harus kita lakukan?

Sobat pembaca, ternyata yang harus kita lakukan adalah ya tetap berbuat, dan biarkan saja pikiran-pikiran negatif itu. Sedikit paksakan diri untuk tetap berbuat, dan sambil berbicara dalam diri sendiri bahwa pikiran-pikiran negatif itu salah semua. Aktivitas positif yang saya lakukan ini sangat bermanfaat bagi masa depan saya, ini bukan hal sepele, hal yang besar semuanya dimulai dari langkah-langkah dan kebiasaan-kebiasaan kecil. Maka, saya harus tetap melaksanakannya. Kita melawan perasaan-perasaan atau pikiran-pikiran negatif itu dengan pikiran-pikiran positif sambil terus berbuat. Ingat, sambil terus berbuat, misal sambil kita tetap berolahraga, sambil kita tetap membaca buku, sambil kita tetap bekerja, dll. Dan sobat, sungguh ajaib hasilnya, sedikit demi sedikit motivasi itu bangkit kembali. Ternyata, perasaan negatif itu hanya bersifat sementara. Dan akan hilang dengan sendirinya dengan kita tetap bergerak, bertindak, berbuat dan action..

Andaikata kita menuruti pikiran-pikiran negatif tadi, kita berhenti bertindak, maka kita sudah rugi dalam hal waktu, hanya untuk menunggu semangat itu datang lagi. Akan lebih mantap jika kita kombinasikan dengan variasi-variasi dalam berbuat, mencari hal-hal baru dan suasana baru. Sehingga pikiran-pikiran negatif itu tidak mudah menyerang. Seperti air, jika ia diam saja, tergenang, lama kelamaan akan menjadi keruh, kotor dan berpenyakit, tetapi jika air itu berputar, bersiklus, mengalir, ia akan selalu terlihat segar, bertenaga dan hidup.

Betul ternyata, jangan menunggu termotivasi untuk berbuat, tetapi berbuatlah maka kau akan termotivasi. Semoga bermanfaat...

Saatnya tidur, sampai jumpa besok lagi yaaa...

1 comment:

  1. Ok, ditunggu postingan berikutnya. Semangat !!! :D

    ReplyDelete