Friday, July 15, 2011

Membuat Daftar Aktivitas

Hmmm, sobat pembaca blog, ini aku mau berbagi tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat. Yaitu untuk mengetahui sejauh mana peningkatan produktivitas kita setiap hari. Untuk mengetahui apakah hari ini lebih baik dari hari kemarin. Karena kalau sama saja kita merugi, sedangkan kalau lebih buruk kita celaka. Sebenarnya ini adalah hal sederhana, namun cukup ampuh untuk mengontrol aktivitas kita, terutama untuk membiasakan dan membentuk sebuah perilaku positip sehari-hari yang akan mengantarkan kita pada tujuan dan cita-cita. Perilaku yang baru dan positip terkadang harus dipaksakan dan dilaksanakan dengan penuh disiplin di awal pembentukannya, bahkan dicatat. Sehingga jika sehari kita tidak melaksanakannya dapat kita ketahui, dan wajib kita membayarnya. Namun jika perilaku itu sudah terbentuk dan terbiasa, tanpa dicatat dan dipaksakan itu sudah menyatu dalam tindakan keseharian kita dan dapat dinikmati.

Kita dapat membuat sebuah tabel yang berisi daftar aktivitas harian yang harus dilakukan. Daftar yang kita tulis tidaklah harus detail, tetapi secara umum menggambarkan aktivitas tsb. Dan tidak semua aktivitas harus dicatat, khususnya untuk aktivitas positip yang memang kita sudah terbiasa melakukannya dan tertanam dalam tindakan sehari-hari. Yang perlu dicatat adalah hal-hal positip yang memang ingin kita bentuk, karena kita belum memiliki kebiasaan itu. Di bawah ini contoh daftar aktivitas tsb. Sobat bisa membuatnya sesuai kebutuhan sendiri:

1. membaca sebuah artikel bahasa Inggris dan menerjemahkannya;
2. shalat wajib selalu berjama'ah;
3. shalat dhuha
4. menulis di blog;
5. silaturahmi;
6. membaca buku kisah orang-orang sukses;
7. berinfak dan shadaqoh;
8. berolahraga
9. dan lain-lain.

Nah, daftar aktivitas harian itu kita susun secara vertikal, kemudian pada kolom berikutnya kita buat daftar tanggal selama satu bulan penuh. Setiap hari kita beri tanda centang menjelang tidur malam, jika kita melaksanakan aktivitas tersebut. Usahakan agar esok hari jumlah yang dicentang itu bertambah atau minimal sama. Dengan demikian kita dapat mengetahui peningkatan produktivitas keseharian kita. Kalau ada kegiatan yang tidak dilaksanakan, musti kita beri keterangan, apa penyebabnya? Mungkin saja ada hal-hal yang terjadi di luar perencanaan. Atau karena suatu hal berupa hambatan, maka harus dicatat apa hambatan itu dana bagaimana cara mengatasinya.

Demikian tips singkat ini, pada awalnya kita harus membentuk kebiasaan-kebiasaan yang baik dengan kesabaran, tetapi pada akhirnya kebiasaan-kebiasaan baik itu yang akan membentuk diri kita. Semoga bermanfaat...

5 comments:

  1. Asal kita komitmen saja dan konsisten menjalankan aktivitas tersebut.Salam kenal..

    ReplyDelete
  2. same with "amalan yaummiyah", I suggest to plus read the morning and afternoon prayer "al-ma'tsurat" ;).., Salam Kenal yaaa...

    ReplyDelete
  3. To Mery, salam kenal juga..Thanks for your suggestion...

    ReplyDelete
  4. Qiyyamul lail-nya ketinggalan Pak Yo...

    ReplyDelete