Wednesday, September 16, 2009

Mengatasi Bosan

Pernahkah Anda merasa bosan dalam menjalani hidup? Sebagai manusia normal pasti pernah bahkan mungkin sering. Saya sendiri sering merasa bosan, terkadang merasa apa yang telah dilakukan selama ini tidak ada artinya, mungkin sia-sia tanpa hasil. Pikiran jadi terbolak-balik, menjadi tidak fokus dan mengambang tidak jelas. Menjadi malas mengerjakan apapun, kalaupun dipaksakan mengerjakan tidak maksimal hasilnya. Menjadi serba salah dan plin-plan mengambil keputusan. Bagaimana mengatasinya?

Jika ini yang terjadi, mungkin setan sedang menyerang hati kita. Penyakit was-was yang selalu dibisiki oleh setan memang berbahaya. Ia merusak secara rohani dan pikiran. Maka yang harus dilakukan adalah berhenti sejenak dari pekerjaan dan rutinitas kita. Mungkin hati dan pikiran menjadi tumpul karena terus-menerus digunakan untuk bekerja dan bekerja. Walaupun memang bekerja itu ibadah. Saya coba berhenti sejenak, tinggalkan semua pekerjaan memusingkan, lalu mengambil air wudhu dan shalat sunnah (bisa Dhuha, Hajat, dll.). Lalu berdzikir, berdo'a, merenung dan membaca Al-Qur'an. Hasilnya? Alhamdulillah pikiran menjadi tenang kembali, tajam dan terfokus, keyakinan kembali menguat. Berangsur-angsur saya mulai bisa kembali melihat arah tujuan hidup saya, rencana-rencana jangka pendek dan jangka panjang. Sehingga hati kembali menjadi tenang.

Setelah hati menjadi tenang, berangsur-angsur mulailah bekerja kembali, jangan malah menjadi 'tenang' seterusnya. Karena ini juga jebakan setan, jangan terlena dengan ketenangan hati yang telah didapatkan. Kembali action dan bertindak. Ok, mungkin ini tips sederhana mengatasi rasa bosan (futur).

No comments:

Post a Comment