Sunday, September 27, 2009

Tidak Ada yang Sempurna

Sebuah peribahasa mengatakan bahwa "tiada gading yang tak retak" yang berarti tidak ada yang sempurna di dunia ini. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap orang dilahirkan dengan bidang dan keahlian yang berbeda-beda. Semua itu dengan tujuan agar manusia dapat saling mengenal dan bekerja sama. Jadi tidak ada yang pantas untuk disombongkan apapun prestasi yang telah kita peroleh. Semua itu tidak akan berhasil dicapai tanpa bantuan orang lain dan tentunya atas kehendak Yang Maha Kuasa.

Teringat kata-kata guruku ketika di sekolah dasar yang pernah mengatakan bahwa kita tidak mungkin dapat bertahan hidup tanpa bantuan orang lain. Misalnya rumah dimana kita tinggal yang diperoleh dengan keringat hasil kerja tidak akan pernah bisa berdiri jika tidak dikerjakan oleh seorang pekerja bangunan. Nasi yang ada dipiring telah melalui proses yang panjang hingga tersedia di meja makan kita. Mulai dari membajak sawah, menyemai, mengairi, menjaganya dari hama, hingga panen dan dipasarkan tentunya telah melibatkan orang banyak.

Tidak ada satupun manusia yang seperti superman yang mampu mengerjakan segala sesuatu dengan kekuatannya sendiri. Jika ada orang yang mengatakan tidak membutuhkan orang lain, coba kita bertanya padanya, siapa yang akan menguburkan jasadnya nanti bila ia meninggal dunia. Apakah ia mampu menguburkan sendiri jasadnya?

Semua yang bernama makhluk memiliki ketidaksempurnaan. Yang sempurna dan pantas untuk sombong hanya Allah S.W.T yang Maha Berdiri Sendiri tanpa perlu bantuan siapapun.

“..angkuh dan sombong itu adalah pakaian Allah, siapa yang menyaingi pakaian-Nya. Allah Ta'ala akan menyiksanya. (HR. Muslim) “

No comments:

Post a Comment