Tuesday, October 6, 2009

Hadapi...!

Salah satu hal yang tidak akan pernah berhenti sepanjang kehidupan manusia adalah masalah. Tidak ada satupun manusia yang hidup tanpa merasakan adanya masalah. Masalah dan kesulitan hidup terkadang membuat stress, pusing dan jika menjadi kronis akan mengacaukan cara berpikir seseorang. Akibatnya mengganggu secara mental dan spiritual.
Sebenarnya tidak ada pilihan di dalam hidup ini kecuali hadapi masalah itu. Dekati ia dan lawan, bukan malah menjauhi dan lari dari masalah. Karena kita tidak akan pernah selesai dari masalah jika kita lari, justru masalah itu akan semakin menumpuk dan mengejar kita.

Para ustadz dan motivator sering mengatakan bahwa yang menjadi masalah bukanlah masalah itu sendiri, tetapi masalahnya adalah bagaimana reaksi kita dalam menghadapinya. Orang yang benar reaksinya, akan berpikir bahwa masalah hidup adalah tantangan yang harus diselesaikan, seperti dalam games-games elektronik. Dalam games terdapat level-level yang harus dilewati, sehingga dapat menamatkan permainan. Betapapun sulitnya suatu level, nampaknya para gamers selalu senang dan semangat mencari jalan keluarnya, karena menyenangkan bagi mereka. Jika menyerah dan berhenti maka game over namanya. Masalah adalah tantangan yang mengasyikkan, tetapi bukan berarti kita mencari-cari masalah dalam hidup ini. Masalah tidak untuk dicari, tetapi jika menemui masalah, hadapi dengan berani.

Allah S.W.T tentunya mengetahui sebatas mana kemampuan manusia dalam menghadapi masalah. Dia tidak akan memberikan beban yang 'over load' kepada manusia. Justru maksudnya adalah untuk menaikkan derajat keimanan, level dan pangkat kita di hadapan-Nya.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (Q.S 2 ayat 286).

Jadi, tidak perlu panik menghadapinya. Tenangkan hati dan pikiran, tingkatkan keyakinan kepada-Nya. Pelajari jalan keluarnya dan hadapi!

Posting ini untuk memotivasi diri sendiri dan alhamdulillah jika ada yang membacanya mudah-mudahan bisa bermanfaat. Silahkan jika ingin komentar di bawah ini...trims.

4 comments:

  1. Ingat saja, bahwa sesungguhnya Allah tidak akan memberikan masalah di luar batas kemampuan kita. Artinya, kita pasti bisa mengatasinya...

    ReplyDelete
  2. Hidup ini banyak masalah ya bro? Dan bagi beberapa orang itu mangasyikkan. Susyahnya...jika justru kita sendiri yang jadi masalahnya! BTW ...kayaknya di akhirat-pun bukan berarti bakal ga' ada masalah, lho! Bahkan mungkin lebih berat!
    Thanks. Great Regard!

    ReplyDelete
  3. Whienda: ya, di akherat akan semakin berat krn dosa dan pertanggungjawaban kt kelak akan dibongkar habis...

    ReplyDelete