Monday, October 27, 2008

Hidup Sehat Mudah dan Murah

Tahukah kawan? Bahwa hidup sehat itu sebenarnya adalah mudah dan murah. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya beratus – ratus ribu atau bahkan berjuta – juta rupiah untuk dapat menikmatinya. Sebab jika seperti itu maka berarti kesehatan itu hanya untuk orang kaya saja. Padahal kenyataannya banyak orang kaya yang sakit parah sampai biaya pengobatannya menguras hartanya hingga ia meninggal dunia. Hidup sehat adalah hak setiap orang bagaimanapun status sosialnya. Hidup ini akan terasa indah jika jiwa dan raga kita sehat.Orang masa kini banyak yang berpikir bahwa kesehatan dapat diraih dengan memiliki alat canggih yang mewah dan mahal. Yang mana dengan alat tsb. dapat melatih tubuh sehingga menjadi kuat, indah dan sehat. Atau juga dengan membeli nutrisi, suplemen dan berbagai vitamin yang bermacam – macam maka kesehatan akan mudah diraih. Yang lainnya lagi adalah dengan menyewa seorang konsultan, psikolog atau bahkan dokter pribadi yang akan senantiasa mengontrol kesehatannya. Mungkin ini karena bagi manusia modern saat ini waktu begitu sempit, karena begitu padatnya aktivitas mereka sehingga mencari cara yang instan saja untuk menjadi sehat.

Padahal di dalam diri kita sendiri Allah sudah memberikan 'energi' untuk menjaga kondisi jiwa dan raga. Dan energi dari dalam inilah yang banyak dilupakan orang saat ini. Sakit sedikit saja langsung ke dokter atau langsung mencari obat untuk menghilangkan rasa sakitnya. Sehingga membuatnya menjadi ketergantungan kepada obat dan dokter.

Dalam tulisan ini ada tips mudah dan murah bagaimana kita dapat selalu dalam kondisi prima dan sehat setiap hari. Bahkan mungkin Anda tidak akan sakit selamanya hingga akhir hayat Anda jika Allah mengizinkan. Kita manusia hanya dapat berusaha, dan menggunakan akal sehat dan logika untuk menjadi sehat. Namun Allah juga yang menentukan hasilnya. Sebab bagaimanapun kita tidak dapat mengendalikan seluruhnya. Ada rahasia Allah di mana kita tidak dapat menjangkaunya.

I. JASMANI

a. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Jika ingin sehat perhatikan pola makan dan yang Anda makan. Sumber penyakit adalah dari perut, dan perut yang penuh berisi makanan sampah akan mudah terserang penyakit. Jaga keseimbangan makan kita. Rasulullah mengatur sepertiga isi perut untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lainnya untuk udara. Jangan berlebihan hingga kekenyangan. Makanlah bila lapar dan makan tidak sampai kenyang. Makanlah dengan teratur sesibuk apapun Anda. 3 kali sehari sudah cukup. Selalu berdo'a sebelum makan seperti yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW.

Perhatikan yang Anda makan! Di bawah ini adalah makanan yang harus Anda hindari untuk menjadi sehat. Jika tidak minimal dikurangi :

Hindari/kurangi konsumsi:

--> Mie, setelah diteliti mie mengandung banyak sekali zat – zat berbahaya yang
jika terakumulasi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan penyakit
seperti kanker. Mie mengandung lilin yang membuatnya tidak lengket.

--> Fast Food dan Junk Food, walaupun enak tetapi kebanyakan isinya adalah
kalori tinggi sekali yang membahayakan jantung kita.

--> Energy drink, sekali minum badan memang menjadi segar dan bertenaga dan
tidak mengantuk. Tetapi lama – kelamaan ternyata dapat menurunkan sistem
kekebalan alami tubuh karena minuman tadi memaksa tubuh yang
seharusnya istirahat menjadi 'sadar' kembali. Energy drink dapat membuat
ketagihan dan ini juga berarti pemborosan.

--> Rokok, banyak orang tertipu dengan iklan – iklan rokok yang menampilkan
keperkasaan para pria petualang sejati. Padahal tidak ada hubungannya
sama sekali antara rokok dengan prestasi para pria tsb. Seluruh dokter
sudah sepakat bahwa rokok itu dapat merusak kesehatan. Dan juga
pemborosan, alangkah ironisnya seorang Bapak yang pusing memikirkan
biaya sekolah anaknya. Sementara ia menghabiskan sejuta rupiah dalam
sebulan menghisap rokok.

--> Cafein, terutama pada kopi. Kalau memang ingin kopi, pilihlah yang rendah
cafein, misal kopi ginseng, atau kopi susu.

--> Teh, ternyata teh juga tidak baik jika dikonsumsi setiap hari. Dapat membuat
kecanduan. Teh bersifat menyerap nutrisi makanan, sehingga setelah makan
kemudian kita minum teh kadang akan sedikit merasa lemas dan ngantuk.
Biasakanlah minum susu seperti Rasulullah Muhammad SAW.

--> Es, dingin memang nikmat. Tetapi lagi – lagi nikmat belum tentu sehat,
tetapi sehat sudah pasti nikmat.

--> Narkoba dan minuman keras, yang ini semua orang tahu bahayanya dan wajib
dihindari, bukan lagi dikurangi.

Perbanyak konsumsi:

--> Sayur dan buah, sesuai dengan jumlah gigi geraham dan gigi seri kita yang
lebih banyak dari pada gigi taring yang hanya berjumlah dua. Seperti kita
tahu bahwa gigi taring berguna untuk mengoyak daging. Sayur dan buah
memperlancar peredaran darah karena kaya akan serat dan dapat mencegah
dari berbagai penyakit berbahaya, misalnya jantung koroner.

--> Mengkonsumsi buah kurma secara rutin juga ternyata dapat mencegah
penyakit jantung.

--> Madu juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Madu yang
dihasilkan oleh lebah yang diceritakan di Al-Qur'an tidak dapat diragukan
lagi.

--> Susu, suatu kebiasaan Rasulullah suka minum susu dan telah terbukti bahwa
Rasulullah hampir tidak pernah sakit selama hidupnya.

--> Kedelai. Kedelai benar – benar makanan ajaib yang dapat diolah menjadi
berbagai jenis makanan dan minuman. Seperti yang paling populer adalah
tempe dan susu kedelai. Kedelai kaya akan protein. Dan proteinlah yang
berperan mengganti sel – sel yang rusak dan sebagai zat pembangun.


Tentunya jenis makanan dan minuman baik yang musti dikurangi dan sebaliknya yang baik dikonsumsi adalah berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis. Mungkin pembaca memiliki pandangan dan ilmu sendiri tentang hal ini. Terutama bagi para dokter yang jauh lebih banyak ilmunya. Jenis makanan dan minuman lainnya masih banyak tentunya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


b. Tidur yang cukup

Pola dan gaya tidur kita juga berpengaruh terhadap kesehatan. Intinya adalah harus seimbang. Kurang tidur atau kelebihan tidur tidak baik bagi kesehatan. Tidur yang baik adalah yang berkualitas, bukan masalah lama tidurnya. Tidur lama jika tidak berkualitas juga percuma.

Kembali kita lihat gaya tidur Rasulullah Muhammad S.A.W. Suri tauladan yang agung. Beliau tidur cepat di malam hari, namun juga cepat bangun untuk shalat malam dan shalat Shubuh. Jika tidur beliau miring dengan bahu dan lambung kanan berada di bawah, sehingga kerja jantung dapat lancar karena tidak tertindih, lalu wajah dan bagian depan tubuh menghadap ke arah kiblat. Membaca do'a serta dalam keadaan suci (berwudhu) sebelum tidur. Serta tidak lupa membaca surat Al-Fatihah, An-Naas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas masing – masing 3x untuk menjaga tidur kita dari gangguan manusia, jin dan makhluk lainnya. Tidurnya seorang muslim juga merupakan ibadah jika dilakukan sesuai ajaran Islam.

Tidur jangan dalam keadaan perut terisi penuh, karena ini akan mengakibatkan perut terus bekerja keras mencerna sementara kita tidur. Dan ini tidak baik bagi kesehatan. Jika Anda lelah tidurlah dan jika sudah bangun segeralah bangun jangan tidur terus. Berlebihan tidur juga sebenarnya kita tidak mendapatkan apa – apa. Kecuali kelelahan badan kembali jika tidur berlebihan.

Menurut penelitian orang akan lebih dahulu meninggal karena tidak tidur selama 1 Minggu dari pada tidak makan selama 1 Minggu. Maka perhatikanlah kecukupan dan kualitas tidur Anda.

c. Olahraga dan Gerak Badan

Salah satu rahasia kesehatan dan kekuatan orang zaman dahulu adalah karena mereka selalu bergerak. Kita yang hidup di zaman modern ini sepertinya semakin sedikit saja melakukan gerak fisik. Contohnya, seorang bos berangkat kerja tinggal duduk di mobil saja sementara sopirnya yang menyetir. Sesampai di kantor hanya duduk dan memberi perintah. Lebih banyak di depan komputer. Tidak banyak gerak fisik yang dapat dilakukan. Bandingkan dengan orang zaman dahulu, saat transportasi tidak secanggih saat ini, mereka lebih banyak berjalan kaki. Sebagian malah tidak mengenakan alas kaki. Justru ini baik bagi kesehatan, kaki tanpa disadari akan tertekan oleh batu dan kerikil yang berarti pijat alami. Contohnya orang Baduy yang berjalan kaki kemanapun mereka pergi karena begitu kuatnya memegang adat dan tradisi. Mereka jarang sekali bahkan hampir tidak ada yang terserang penyakit yang aneh – aneh.

Selain berjalan kaki, contoh para sahabat di zaman Rasulullah Muhammad SAW. Mereka rata – rata ahli berkuda, memanah dan berperang. Sehingga tidak lemah seperti orang – orang modern saat ini.

Tetapi tentunya kita manusia yang hidup di zaman ini tetap bisa mengikuti jejak mereka. Tentunya dengan gaya kita sendiri. Ini bukan berarti kita harus bertelanjang kaki kemanapun pergi, nanti dikira kurang waras. Atau tidak harus kita berkuda ke kantor. Orang modern saat ini menyebut gerak badan ini dengan olah raga. Banyak sekali jenis olahraga murah dan mudah yang dapat kita lakukan. Contohnya di bawah ini:

1.Jalan kaki
2.Lari pagi
3.Senam
4.Bersepeda
5.Berenang

Pilihlah olahraga yang paling Anda gemari, sehingga melakukannya dengan senang hati. Belum lagi manfaat kesehatan yang akan didapat. Ingat, bahwa kesehatan adalah investasi terpenting dalam hidup kita.


d. Menjaga Kesehatan Spiritual

Kesehatan tidak hanya fisik saja. Tetapi spiritual perlu kita jaga, hubungan dengan Allah, sesama makhluk dan alam ciptaan-Nya harus serasi dan selaras. Karena percuma saja fisik sehat jika spiritual kita meradang. Menjaga spiritual adalah dengan senantiasa memperbaharui keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah. Menjalankan setiap kewajiban dengan ikhlas dan hanya mengharap Ridho-Nya. Meyakini tentang adanya hidup setelah mati, akan adanya hari pembalasan, adanya surga dan neraka, dan semua yang ghaib seperti dalam rukun iman. Sehingga spiritual yang sehat akan selalu bersemangat menjalani hidup, ceria, optimis dan berpikir positip serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah dan persoalan hidup.


1 comment:

  1. Artikel anda:

    http://kesehatan.infogue.com/
    http://kesehatan.infogue.com/hidup_sehat_mudah_dan_murah

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

    ReplyDelete