Sunday, October 19, 2008

Target

Memiliki target dalam hidup adalah mutlak diperlukan agar langkah kita senantiasa terarah. Masih banyak di antara kita hidup tanpa memiliki target, sehingga waktu berjalan begitu saja hingga tanpa terasa usia menjadi semakin senja dan tua tanpa menghasilkan sesuatu yang berarti bagi hidup dan kehidupan.
Hidup di dunia hanya sekali dan marilah kita gunakan kesempatan yang sedikit ini untuk mencapai target-target baik jangka pendek di dunia dan jangka panjang di akherat kelak. Orang yang hidup tanpa rencana dan target yang jelas biasanya akan mudah terombang-ambing tanpa pendirian. Mengikuti begitu saja arus yang ada dan tidak tahu mau dibawa ke mana. Sehingga hidup tanpa target bagaikan berlabuh di tengah lautan tanpa memiliki peta dan kompas, berjalan begitu saja ke mana ombak dan angin membawanya. Tetapi banyak juga yang beranggapan bahwa hidup dengan penuh target akan membuat kita mudah stress. Tetapi sebetulnya hidup tanpa target itu juga pada akhirnya akan menimbulkan stress yang lebih parah dan merusak. Pada awalnya mungkin akan merasa santai karena hidup mengalir begitu saja tanpa usaha yang berarti.Tetapi begitu menghadapi masalah, orang yang hidup tanpa target justru akan lebih menderita daripada orang yang memiliki perencanaan dan target dalam hidupnya. Orang yang bertekad untuk mencapai target-target positip dalam hidupnya akan menikmati stress yang membangun, stress yang sehat dan membuatnya kuat.

Marilah kita mulai susun target hidup kita dari sekarang. Tidak ada kata terlambat, apalagi bagi yang masih berusia muda.

Target dapat kita susun dari mulai yang global sampai ke hal-hal yang khusus. Dari target jangka panjang, jangka menengah sampai ke target jangka pendek. Misalkan targetkan kapan saya bisa memiliki pekerjaan yang diimpikan, kapan saya menikah, kapan saya bisa ke luar negeri, kapan saya pergi haji, kapan saya memiliki bisnis sendiri, kapan saya fasih bahasa Inggris atau bahasa Arab, kapan saya memiliki rumah, kapan saya meraih gelar S2, kapan saya bisa membaca Al-qur'an dan menghafalnya, kapan saya mulai shalat tepat waktu dan berjama'ah dll. Anda bisa menyusun sesuai target yang Anda tentukan. Tentukan dengan jelas tahun berapa dan usia berapa target itu tercapai.

Hidup memang tidak bisa ditebak, karena masa depan adalah hal yang gaib. Hanya Allah yang tahu. Tetapi kita diberi ruang oleh Allah untuk bergerak, bertindak dan berusaha, maka mari manfaatkan ruang itu. Target akan membuat hidup ini lebih berarti dan bersemangat. Dan yang terpenting nikmatilah stress yang dialami dalam proses mencapai target hidup.

Gagal merencanakan berarti merencanakan gagal.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (ar-Ra'd : 11)

Oleh: Yoga
http://istanayoan.blogspot.com


No comments:

Post a Comment