Tuesday, October 7, 2008

Entrepreneur dan Intrapreneur

Saya pernah membaca di sebuah majalah bertemakan wirausaha dan peluang bisnis mengenai istilah Entrepreneur dan Intrapreneur. Apa bedanya? Entrepreneur itu orang yang secara penuh mengelola usaha, bisnis atau wirausaha secara mandiri. Mereka ini Full Time mengendalikan kegiatan usahanya. Sedangkan Intrapreneur adalah orang yang masih bekerja di perusahaan atau lembaga bisnis milik orang lain, atau sebagai karyawan, tetapi secara paruh waktu juga mengerjakan bisnis miliknya sendiri. Nah, tipe orang yang manakah kita?

Khusus bagi yang masih bekerja sebagai karyawan di perusahaan, Intrapreneur mungkin menjadi pilihan yang menarik. Tetapi memang harus pandai mengatur waktu dan menempatkan diri. Bagaimanapun kita tetap sebagai seorang karyawan yang terikat perjanjian di suatu perusahan, maka loyalitas kepada perusahaan tempat kita bekerja harus dijaga. Kesibukan kita mengelola bisnis jangan sampai menjadi alasan untuk tidak maksimal melaksanakan tugas-tugas di perusahaan. Justru dengan loyalitas yang tetap tinggi di perusahaan tempat kita bekerja akan mendukung kinerja bisnis kita. Intinya adalah mensinergikan keduanya.

Jika suatu saat bisnis kita menjadi tumbuh pesat dan mulai sulit untuk menjalankannya tanpa Full Time maka saatnyalah kita memutuskan. Keluar dari perusahaan tempat kita bekerja untuk secara penuh mengelola bisnis sendiri. Atau tetap bekerja di perusahaan dan operasional bisnis kita serahkan kepada orang yang kita percaya. Itu semua membutuhkan keputusan yang bijak, dan setiap orang mungkin berbeda-beda cara memutuskannya. Jangan sampai merugikan satu pihak, karena sikap kita yang tidak konsisten. Orang justru menghargai orang yang konsisten memutuskan sesuatu, tidak setengah-setengah dalam menjalankannya. Demikian, semoga tulisan singkat ini cukup bermanfaat khususnya untuk penulis sendiri dan siapa saja yang membacanya yang mungkin saja saat ini berperan sebagai Intrapreneur.

Oleh: Martha Yoga
Email: mr.hyogx@gmail.com
Blog: http://rizkionline.blogspot.com

2 comments: